Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing dan Aksesibilitas Terhadap Minat Menabung Generasi Z pada Bank Syariah

Authors

  • Mahmudah Sadiah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Devi Amalia Puspa Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.37252/jebi.v3i2.913

Keywords:

Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, Aksesibilitas, Minat Menabung

Abstract

This research aims to determine the influence of sharia financial literacy, digital marketing and accessibility factors on generation Z's interest in saving at sharia banks. This research uses quantitative methods with multiple linear regression analysis and is processed using the SPSS version 25 program. Data was obtained through a questionnaire shown to generation Z in Jepara Regency. This research took 97 respondents as samples which were calculated using the Slovin formula with a purposive sampling technique. The results of the research show that based on the results of hypothesis testing, the results show that sharia financial literacy, digital marketing and accessibility have a significant positive effect on generation Z's interest in saving at sharia banks.

References

Agung Septiawan, Abdulah Safe’i, Y. S. F. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syari’Ah, Aksesibilitas, Perilaku Keuangan Dan Motivasi Terhadap Minat Masyarakat Pada Penggunaan Jasa Perbankan Syari’Ah. LIKUID: Jurnal Ekonomi Industri Halal, 2(1), 58–81. https://doi.org/10.15575/likuid.v2i1.16503

Amalia, L. (2023). Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Masyarkat Kota Medan Pada Bank Syariah. Ekonomi Syariah, 2(3), 23–25.

Antaranews. (2023). OJK: Pangsa pasar perbankan syariah Indonesia tumbuh jadi 7,3 persen. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/3772113/ojk-pangsa-pasar-perbankan-syariah-indonesia-tumbuh-jadi-73-persen

Arnasik, S., & Afriza, E. F. (2017). Pengaruh Aksesibilitas Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bpr Syariah Almadinah Kota Tasikmalaya. Jurnal Manajemen Indonesia, 17(3), 227. https://doi.org/10.25124/jmi.v17i3.1160

Astuti, A. (2021). Definisi Generasi. 43–53. http://e-journal.uajy.ac.id/26307/3/170906217 2.pdf

Azhar, A. F. (2016). Analisis pengaruh kepercayaan, jaminan rasa aman, dan aksesibilitas terhadap minat menabung nasabah Bank Bri di Yogyakarta. Analisis Pendapatan Dan Tingkat Kesejahteraan Rumah Tangga Petani, 53(9), 1689–1699.

Dafiq, B. I., Hidayati, A. N., & Habib, M. A. F. (2022). Pengaruh literasi keuangan, literasi digital, digital marketing, brand image dan word of mouth terhadap minat generasi z pada bank syariah. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 4(11), 4971–4982. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i11.1856

Ilham, D. M., Afifudin, A., & Sari, A. F. K. (2022). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Religiusitas Pada Minat Menabung Di Bank Syariah (Studi Kasus Mahasiswa Feb Perbankan Syariah Universitas Islam Malang). El-Aswaq: Islamic Economics and Finance Journal, 3(2), 98–108. http://repository.unisma.ac.id/bitstream/handle/123456789/5904/S1_FEB_21801083060_DANDI M ILHAM.pdf?sequence=1

Lubis, N. H. (2021a). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing, Word Of Mouth Dan Corporate Sosial Responsibility (CSR) Terhadap Minat Menabung Generasi Z Pada Bank Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Perbankan Syariah UIN SU Tahun Akademik 2017). 6.

Mkwizu, K. H. (2019). Digital marketing and tourism: opportunities for Africa. International Hospitality Review, 34(1), 5–12. https://doi.org/10.1108/ihr-09-2019-0015

Muhaimin. (2023). Daftar 29 Negara dengan 90% Populasinya Muslim, Indonesia Tak Masuk. SINDOnews.Com. https://international.sindonews.com/read/1263901/45/daftar-29-negara-dengan-90-populasinya-muslim-indonesia-tak masuk-1701249117%0A%0A

Muhammad Noor Fadillah, S. M. (2022). Generasi Digital dan Masa Depan Ekonomi Indonesia. Jurnalkampus.Ulm.Ac.Id. http://jurnalkampus.ulm.ac.id/2022/12/14/generasi-digital-dan-masa-depan-ekonomi-indonesia/

Nanda, T. S. F., Ayumiati, A., & Wahyu, R. (2019). Tingkat Literasi Keuangan Syariah: Studi Pada Masyarakat Kota Banda Aceh. JIHBIZ?:Global Journal of Islamic Banking and Finance., 1(2), 141. https://doi.org/10.22373/jihbiz.v1i2.8573

Nasution, A. W. (2019). Analisis Faktor Kesadaran Literasi Keuangan. EQUILIBRIUM: Jurnal Ekonomi Syariah, 7(1), 40–63.

Nicole E. Coviello, Roger Milley, B. M. (2019). Understanding IT-Enabled Interactivity in Contemporary Marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18–33.

Nurrohmah, R. F., & Purbayati, R. (2020). Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Syariah dan Kepercayaan Masyarakat terhadap Minat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah), 3(2), 140–153. https://doi.org/10.32627/maps.v3i2.135

Qurratu’ain, I. (2022). Amanat Agar Ekonomi Syariah Bergerak Lebih Cepat. Infobanknews.Com. https://kneks.go.id/berita/494/amanat-agar-ekonomi-syariah-bergerak-lebih-cepat?category=1

Rahmah, G. (2023). Tumbuh Berlipat Perbankan Syariah Nasional. Koran.Tempo.Com. https://koran.tempo.co/amp/ekonomi-dan-bisnis/486287/kinerja-perbankan-syariah-2023#amp_tf=Dari %251%24s&aoh=17107274993093&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com

Rantelembang, T., Tumbuan, W. J. F. ., & Soepeno, D. (2023). Pemanfaatan digital marketing dalam meningkatkan pembelian konsumen pada rumah makan bryan’s chicken bitung. Jurnal EMBA?: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 767–776. https://doi.org/10.35794/emba.v11i1.45592

Rendy Zulfikar Dwiantoro, & Haryono Haryono, N. I. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Tabungan, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Minat Menabung Nasabah di BANK JATIM KCP Driyorejo Gresik. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 55–63.

Seplinda, M., & Putri, Y. A. (2022). the Influence of Accessibility , Service , and Knowledge of Sharia Accounting on Interest To Save in Sharia Bank ( Case Study of Upi Yptk Padang Students ). 11(02), 1440–1446.

Subkhan, M., & Yusli, M. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan, Digital Marketing, Brand Image Dan Word of Mouth Terhadap Minat Generasi Z Pada Bank Syariah (Studi Kasus Di Bank Syariah Kabupaten Sleman). EKOMBIS REVIEW: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 262–276.

Sugiarti, D. (2023). Literasi Keuangan Syariah Generasi Z Dan Minatnya Pada Perbankan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 9(1), 766–772. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/jei/article/view/7991

Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207

Ulya, M. M. (2020). Pengaruh Knowledge, Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Menabung Di Bri Syariah Dengan Minat Sebagai Variabel Intervening. (Studi Bank BRI Syariah KCP Demak). Insitut Agama Islam Negeri Salatiga.

Yohana Neysa Setyawan, E. J. (2019). Analisa Pengaruh Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman dan Aksesbilitas terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon di Surabaya. Jurnal Manajemen, 2(1), 1–8.

Zamharira, N., Miftah, A. A., & Syahrizal, A. (2021). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Dan Shariah Governance Terhadap Keputusan Mahasiswa Dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah (Studi Kasus: Mahasiswa Manajemen Keuangan Syariah Uin Sts Jambi). Journal of Islamic Financial Management, 01(01), 48–63.

Downloads

Published

2024-07-30

How to Cite

Sadiah, M., & Amalia Puspa, D. . (2024). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Digital Marketing dan Aksesibilitas Terhadap Minat Menabung Generasi Z pada Bank Syariah. Quranomic: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 3(2), 25–43. https://doi.org/10.37252/jebi.v3i2.913